YOGYAKARTA, POPULI.ID – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta mengimbau seluruh calon penumpang kereta api (KA) untuk mengatur waktu perjalanan menuju stasiun dengan baik, terutama pada jam sibuk menjelang berbuka puasa.
Hal ini menjadi krusial mengingat Jumat, 28 Maret 2025, diprediksi sebagai puncak arus mudik Lebaran 2025.
Seperti diketahui, Daop 6 Yogyakarta diperkirakan akan memberangkatkan 22.000 penumpang dan menerima kedatangan 24.000 penumpang.
“Kami mengimbau para pelanggan untuk tiba di stasiun minimal 30 menit sebelum jadwal keberangkatan guna menghindari kendala saat proses boarding. Sebagai bagian dari upaya meningkatkan kenyamanan dan efisiensi, pelanggan juga dapat memanfaatkan layanan face recognition yang telah tersedia di Stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, dan Solo Balapan,” ujar Feni Novida Saragih, Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta.
Imbauan ini bertujuan agar pelanggan tiba di stasiun tepat waktu dan terhindar dari risiko tertinggal kereta akibat kemacetan atau kendala lainnya.
Dengan datang lebih awal, penumpang juga memiliki waktu yang cukup untuk menyelesaikan proses boarding dengan nyaman.
Feni menambahkan bahwa teknologi face recognition memungkinkan proses verifikasi identitas yang lebih cepat, efisien, dan ramah lingkungan, sejalan dengan komitmen KAI dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).
Feni mengungkapkan bahwa hingga 28 Maret 2025 pukul 09.00 WIB, KAI Daop 6 Yogyakarta telah memberangkatkan 160.242 penumpan dari berbagai stasiun di wilayah operasionalnya.
“Pada periode 21-28 Maret 2025, total tiket yang terjual telah mencapai 333.072 tiket atau sekitar 81 persen dari total kapasitas yang disediakan. Stasiun dengan volume penumpang tertinggi meliputi Stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, Solo Balapan, Purwosari, dan Klaten,” jelasnya.
Feni juga mengingatkan calon penumpang untuk segera memesan tiket agar dapat mengatur perjalanan mudik dengan lebih nyaman.
“Untuk kenyamanan perjalanan, pelanggan diimbau segera memesan tiket melalui aplikasi Access by KAI atau situs resmi kai.id. Dengan memanfaatkan kemudahan teknologi dan mengikuti imbauan perjalanan, pelanggan dapat menikmati pengalaman mudik yang aman, nyaman, dan berkesan bersama KAI,”pungkasnya.