DIY, POPULI.ID – Transformasi digital tak lagi menjadi wacana masa depan, melainkan kebutuhan mendesak di era masyarakat 5.0. Hal ini disampaikan anggota DPRD DIY Raden Stevanus Christian Handoko yang menyoroti pentingnya adopsi teknologi di sektor pendidikan, khususnya dalam program Sekolah Rakyat.
“Ketimpangan informasi dan pengetahun harus segera diberikan solusi nyata melalui terobosan pemanfaatan teknologi digital di sekolah rakyat”, ujar Raden Stevanus, Selasa (6/5/2025).
“Di era masyarakat 5.0, transformasi digital di berbagai sektor sangat diperlukan dan sudah menjadi kebutuhan,” ujarnya.
Menurutnya, pendidikan menjadi satu diantara sektor yang harus segera melakukan lompatan besar dalam pemanfaatan teknologi.
Sekolah Rakyat, sebagai bentuk alternatif pendidikan bagi masyarakat, dinilai perlu menerapkan pendekatan digital agar tidak terjadi ketimpangan akses dan kualitas.
“Program Sekolah Rakyat perlu juga memanfaatkan teknologi digital agar ada persamaan yang didapat oleh para siswa,” tegasnya.
Ia menekankan bahwa Sekolah Rakyat harus dibangun dengan konsep transformasi digital agar mampu mencetak generasi yang adaptif terhadap perkembangan zaman.
“Terobosan hadirnya sekolah rakyat, bukan hanya soal infrastruktur, tetapi juga dalam metode pembelajaran, pengelolaan data pendidikan, dan pelibatan teknologi dalam proses belajar-mengajar”, kata dia.
“Pemanfaatan teknologi digital, memungkinkan ada kesetaraan transfer ilmu pengetahuan dari para pengajar yang berkualitas. Dan inovasi ini akan sangat berpengaruh terhadap tujuan peningkatan kualitas SDM”, ungkapnya.
“Lompatan inovasi terhadap persoalan peningkatan SDM harus segera dilakukan bukan sekadar wacana”, imbuhnya.
Terkait dengan program sekolah rakyat di Kota Yogyakarta yang akan bekerja sama dengan sekolah taman siswa, menurut dia merupakan langkah yang tepat.
“Saya mendukung kerja sama seperti itu. Tamansiswa adalah cikal bakal pendidikan rakyat. Di sini, pendidikan karakter dan kecerdasan intelektual menjadi satu kesatuan. Jadi sangat sesuai dengan filosofi Sekolah Rakyat, apalagi terobosan pemanfaatan teknologi digital dapat dilakukan mengikuti perkembangan jaman”, ujar terangnya.
Dalam bukunya yang berjudul “Transformasi Digital Menuju Smart Province”, Dr. Stevanus menguraikan berbagai inovasi untuk menunjang transformasi digital termasuk di bidang pendidikan.
Buku tersebut memuat gagasan konkret tentang bagaimana digitalisasi bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat, termasuk mereka yang selama ini berada di luar sistem pendidikan formal.
“Indonesia perlu gebrakan revolusi pendidikan,” tegasnya.
“revolusi pendidikan perlu melibatkan seluruh elemen, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, komunitas pendidikan, kampus, masyarakat hingga dunia industri teknologi untuk menciptakan ekosistem pembelajaran yang cerdas, inklusif, dan berkelanjutan. Dengan dorongan kebijakan yang tepat dan kemauan untuk berinovasi, Sekolah Rakyat dapat menjadi contoh nyata bagaimana transformasi digital bisa membuka akses dan peluang belajar yang merata bagi seluruh anak bangsa”, pungkasnya.