SURABAYA, POPULI.ID – Produk-produk unggulan UMKM Kota Yogyakarta sukses menarik perhatian peserta Musyawarah Nasional (Munas) VII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 2025.
Dalam gelaran Indonesia City Expo (ICE) di Grand City Convention Exhibition, Surabaya, 8 hingga10 Mei 2025, booth Kota Yogya ramai dibanjiri pengunjung sejak hari pertama.
Berbagai produk lokal seperti batik khas, bakpia, lurik, jumputan, ecoprint, hingga tas kulit menjadi daya tarik utama.
Antusiasme peserta dan pendamping Munas membuktikan bahwa kualitas produk UMKM Yogya mampu bersaing dan digemari di pasar nasional.
Wali Kota Yogyakarta, Hasto Wardoyo, yang turut hadir meninjau langsung booth UMKM, mengungkapkan bahwa ajang ini adalah kesempatan emas bagi para pelaku usaha untuk menjangkau pasar lebih luas.
“Ajang Munas APEKSI ini dihadiri delegasi dari seluruh kota di Indonesia. Saya berharap para pelaku UMKM bisa memanfaatkannya untuk memperluas jangkauan pemasaran dan menjalin relasi bisnis baru,” ujar Hasto, Jumat (9/5/2025)
Ia menegaskan komitmen Pemkot Yogya untuk terus mendorong kemajuan UMKM melalui berbagai program pendampingan, promosi, dan perluasan jaringan pasar.
“Kami ingin pelaku UMKM Yogya tidak hanya dikenal di dalam kota, tapi juga mampu membuka outlet di berbagai daerah lain,” tambahnya.
Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Yogyakarta, Tri Karyadi Riyanto, menjelaskan bahwa sebanyak tujuh pelaku UMKM ikut serta dalam pameran ini setelah melalui proses kurasi ketat.
“Produk-produk yang kami bawa merupakan representasi khas Kota Yogya. Melalui pameran ini, kami tidak hanya mengenalkan barang, tetapi juga mengangkat identitas kota,” ungkap Tri.
Ia mendorong para peserta untuk aktif berinteraksi dengan pengunjung dan memanfaatkan pameran sebagai sarana membangun jaringan bisnis baru.
Koordinator UMKM Kota Yogya, Emirita Pratiwi, yang turut menjadi peserta, mengaku terkejut sekaligus bangga dengan tingginya minat pengunjung terhadap produk mereka.
“Booth kami tak pernah sepi. Ini membuktikan bahwa produk-produk UMKM Yogya memang punya kualitas dan nilai jual tinggi,” ujarnya.
Emirita berharap dukungan dari pemerintah kota tidak berhenti di sini. Menurutnya, partisipasi di pameran nasional seperti ini sangat efektif untuk mengenalkan produk ke pasar yang lebih luas.
“Terutama jika digelar di kota-kota dengan daya beli masyarakat yang tinggi, tentu sangat berdampak bagi kemajuan usaha kami,” pungkasnya.